Senin, 01 September 2014

Deskripsi jurusan TATA BOGA di SMK NEGERI 6 SEMARANG

I. Di SMK Negeri 6 Semarang mempunyai guru boga yang cukup banyak, khususnya yang mengajar di kelas XII Boga 3 diantaranya ada:
- Ibu Tri Soeparsih dan Ibu Tri Yitnaningsih, beliau berdua mengajar pada mata pelajaran Mengolah Masakan Indonesia ( MMI ).
- Ibu Lestari Dwi Handayani atau sering disebut ( Bu Wiwik ) dan Ibu Ica, beliau berdua mengajar mata pelajaran Melayani Makan dan Minum atau disekolahku yang populer disebut pelajaran SERVICE.
- Ibu Andri dan Ibu Ica, beliau  mengampu mata pelajaran Mengolah Masakan Kontinental ( MMK ).
- Ibu Sumaryati dan Ibu Wiwik, beliau itu mengajar pelajaran Pengelolaan Usaha atau sering di sebut dengan PU dan mengajar Kesempatan Khusus. Pelajaran ini yang mengajarkan tentang menghitung suatu usaha yang akan dijalankan serta kita diajar untuk menjual produk yang kita produksi sendiri.
- Dan yang terakhir adalah Bapak Ganjar Triadi, beliau mengampu pelajaran Kewirausahaan. Beliau mengajarkan kami tentang kekreatifan tidak di bidang boga saja. Contohnya kita diajarkan membuat batik dari hasil tangan kita sendiri serta kita diajarkan pula membuat bonsai dari barang bekas yang sudah tidak terpakai.


II. Dalam bidang prestasi SMK Negeri 6 Semarang khususnya dijurusan JASA BOGA sering mengikuti berbagai lomba di berbagai tempat. Nahhh, salah satunya adalah Lomba Keterampilan Siswa atau sering kita dengar dengan sebutan LKS, SMK Negeri 6 tak pernah absen dalam mengikuti lomba keterampilan siswa ini. mulai dari tingkat Kota, lanjut ke Provinsi Jawa Tengah,bahkan sampai ke tingkat NASIONAL. Dalam 2 tahun ini bisa di katakan menjadi tahunnya SMK Negeri 6 Semarang karena dalam 2 tahun ini pula SMK Negeri 6 menjadi juara dalam lomba LKS kategori COOKRI terbaik Kota, Provinsi maupun Nasional. Bisa dibilang dalam Kota maupun Provinsi sudah menjadi langganan bagi SMK Negeri 6 Semarang meraih juara pertama. Harapanpun dijunjung tinggi oleh semua guru SMK Negeri 6 Semarang, pada tahun ini mengingat siswanya sudah lolos pada tahap Kota dan akan mengikuti di tahap Provinsi, hal ini dikarenakan pada 2 tahun lalu siswa SMK Negeri 6 Semarang mampu masuk sampai tahap Nasional dan menjadi juara 4, oleh karena itu semua guru optimis tahun ini dapat masuk tahap Nasional dan berharap menjadi juara 1. Aminnn
Doain ya gusys semoga ditahap Provinsi ini bisa lolos dan harapannya Nasional juga dapat merebut medali emas :)


III. Berikut adalah contoh kegiatan yang ada di dapur SMK NEGERI 6 SEMARANG dan contoh masakan yang pernah dipraktekkan:


Gambar disamping adalah contoh hidangan maincourse yang bahan utamanya adalah snapper atau ikan kakap yang tekhnik pengolahannya dengan cara braising dan pan fried. Hidangan maincourse disajikan beserta pelengkap yaitu ada vegetables, sauce and karbohidrat.

 



Nahhh, kalo yang disamping ini adalah soup. Soup ini terbuat dari pumkin yang ditambah dengan bahan lainnya. Sehingga makanan ini disebut CREAM OF PUMKIN SOUP. 





Kalau yang ini termasuk appetizer. Bahan utamanya adalah chicken liver. Biasanya appetizer ini menggunakan sayuran yang masih mentah dan segar, oleh karena itu gambar disamping dinamakan  CHICKEN LIVER PATE. Appetizer juga dilengkapi dengan dressing. Biasanya dressing yang sering digunakan dalam membuat appetizer adalah mayonise, french dressing ataupun vinegrate dressing.














Nahh dari sekian banyak ruang praktek yang ada di SMK Negeri 6 Semarang kelas kami sering prakter di dapur 2, seperti gambar diatas itu adalah ruang praktek anak boga dan disanalah proses pembuatan garnish dari bahan mentah berupa sayuran misalnya wortel, kiyuri, lobak, tomat dan masih banyak lagi. Selain garnish, di ruang praktek pun kami diajarkan tentang dasar-dasar memasak hingga cara menghidangkan makanan. Di SMK Negeri 6 Semarang mempunya 4 ruang praktek untuk jurusan tata boga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar